Karakteristik Manusia dan Golongan Darah

Beberapa minggu yang lalu, usai kuliah genetika, keluarlah niat baik saya untuk mencari  sedikit materi pendukung untuk pembahasan laporan praktikum genetika tentang golongan darah. Mulailah jemari dengan lincahnya mengetik di kolom search-nya mbah google “golongan darah”. Tidak sampai satu menit, muncul ribuan artikel tentang golongan darah, mulai dari pengertian, sejarah penemuan, sampai diet golongan darah. Mata saya tertuju ke sebuah artikel menarik yang berjudul “Karakter Orang Berdaarkan Golongan Darahnya”. Akhirnya, karna keasyikan browsing tentang golongan darah dan kaitannya dengan kepribadian, jadi lupa deh niat awal untuk cari bahan laporan genetika yang sampai hari ini belum di kumpul.~kak aan, maaf ya.. xp~ berikut ini saya sajikan rangkuman dari beberapa artikel yang telah saya baca.
Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Lalu, kaitannya dengan kepribadian apa? Katanya, karena golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karena itu sangat menentukan psikologi diri kita. Nah, konon kabarnya di Jepang pernah dilakukan riset mengenai golongan darah dan karakteristik pemiliknya. Sayangnya saya belum menemukan bukti autentik secara de facto dan de jure tentang riset tersebut.
Seperti yang kita ketahui, sistem penggolongan darah yang paling populer adalah sistem ABO dan sistem rhesus, yang kemungkinan ditentukan oleh 7 dan 18 alel. Selain dua sistem yang jadi top chart, masih ada 12 sistem penggolongan darah lain yang telah kita pelajari di mata kuliah genetika. Kali ini yang akan kita gunakan adalah golongan darah dengnan sistem ABO yang ditemukan oleh Landsteiner tahun 1900an. Kenapa sistem ABO? Karena hampir semua orang tahu golongan darahnya dalam sistem yang paling tua ini. Kalau digunakan sistem dombrock atau auberger, hampirr semua orang gag tau golongan darahnya, jadi ya sia- sia deh. Golongan darah sistem ABO terdiri atas empat macam, yaitu A, B, AB, dan O. Dari empat macam itu golongan darah itu, mempunyai karakteristik tersendiri yang mebuatnya berbeda dengan golongan darah yang lain. Jika dilihat sifat masing-masing secara umum. Golongan darah A terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (karena perfeksionis) yg kadang bikin orang lain mudah sebel. Lain halnya dengan golongan darah B, golongan darah B mempunyai ciri yang khas nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup. Jika tadi sifat golongan darah A dan B maka untuk sifat orang yang bergolongan darah AB biasanya unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda. Lain A, lain B, lain AB, O mempunyai sifatnya sendiri yaitu berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil.
Golongan Darah A
Orang dengan golongan darah A memiliki kekuatan karakter yang mengakar kuat yang akan membantu mereka untuk tetap tenang dalam krisis ketika semua orang panik menghadapi situasi serupa. Mereka cenderung menghindari konfrontasi, dan sesungguhnya kurang nyaman berada di antara orang banyak. Mereka biasanya pemalu dan terkadang suka mengasingkan diri. Mereka mencari keharmonisan dan sangat sopan, tetapi mereka sebenarnya tidak pernah benar-benar cocok dengan orang lain. Mereka cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang ber’temperamen’ sama. Mereka adalah karakter yang tegas, sangat bertanggung jawab dan bisa diandalkan.  Jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan, mereka lebih suka mengerjakannya sendiri. Orang-orang dengan golongan darah ini selalu mengukir sukses dan sangat perfeksionis. mereka seringkali mencoba menekan perasaan mereka dan karena sering melakukannya mereka terlihat tegar. Meskipun sebenarnya mereka mempunya sisi yang lembek seperti gugup dan lain sebagainya. Mereka juga sangat kreatif, dan paling artistik di antara semua golongan darah yang ada karena kesensitifan mereka.
Cara Berkomunikasi dengan Orang Bergolongan Darah A
·         Jangan mengangkat topik yang konfrontatif, misalnya, topik kontroversial karena mereka orang yang tidak suka membuat konfrontasi dengan lawan bicara.
·         Gunakan kata-kata yang relatif sopan karena mereka sangat sensitif dan terkadang konservatif sehingga kata-kata yang tidak sesuai dengan standar kesopanan minimal akan dapat menyinggung mereka.
·         Jika menjawab usahakan dengan lengkap dan bermakna karena mereka adalah orang yang sangat sempurna dan kurang menyukai hal yang setengah-setengah.
·         Mintalah pandangan dan pendapat mereka karena mereka sangat kreatif untuk hal ini dan dengarkan dengan saksama ketika mereka menjelaskan.
·         Jangan melebihi mereka saat menyampaikan sesuatu. Artinya, jangan sampai mereka merasa dilampaui dalam hal kepintaran dan pengalaman, misalnya.
·         Hargai mereka dengan memuji seperlunya karena pujian yang berlebihan akan membuat mereka ragu dengan ketulusan si pemuji.

Anggota Mandibula yang punya golongan darah A: Ardi, Arista, Dzul, Eka, Eko, Hadi, Ika, Pendra, Rina, Three Wati, dan Teh Wina
Golongan Darah B
Orang yang bergolongan darah B ini cenderung penasaran dan tertarik terhadap segalanya.Mereka adalah spesialis di bidang yang digelutinya. Ketika mereka memulai sebuah proyek, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk memahami dan mencoba mengikuti semua petunjuk/arahan yang diperlukan untuk itu. Jika mengerjakan sesuatu, mereka selalu fokus kepada apa yang tengah dikerjakan. Mereka cenderung berpedoman pada tujuan dan mengejarnya sampai tuntas walau pun kelihatannya pekerjaan itu tidak mungkin dilakukan. Mereka cenderung ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal ketimbang hanya dianggap rata-rata. Dan biasanya mereka cenderung melalaikan sesuatu jika terfokus dengan kesibukan yang lain. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan. Mereka dari luar terlihat cemerlang, riang, bersemangat dan antusias. Namun sebenarnya hal itu semua sama sekali berbeda dengan yang ada didalam diri mereka.Mereka cenderung kurang kooperatif terkadang bisa dikatakan sebagai orang yang tidak ingin bergaul dengan banyak orang.. Mereka lebih suka mengikuti peraturan dan gagasan mereka sendiri. Orang dengan golongan darah B memberikan perhatian lebih kepada pikiran daripada perasaan mereka, dan karenanya, terkadang kelihatannya dingin dan serius.

Cara Berkomunikasi dengan Orang Bergolongan Darah B

·         Mulailah pembicaraan dengan runtun, jangan melompat-lompat karena mereka kurang menyukai hal-hal yang tidak teratur.

·         Jangan memulai pembicaraan tanpa mengakhirinya.
·         Gunakan data-data akurat, bukan rekaan.
·         Jika mengajak kerjasama, pastikan bahwa mereka bersedia.
·         Berbicaralah kepada otaknya bukan hatinya. Gunakan lebih banyak fakta rasional daripada sosial.
·         Jangan menggunakan gaya bicara yang terburu-buru.
·         Orang dengan golongan darah B lebih suka mendengarkan uraian rinci dan runtun. Mereka suka ada awal dan akhir dari sebuah percakapan. Karena mereka sangat concern dengan apa yang telah dimulai untuk dapat diakhiri. Mereka tidak suka orang yang berbicara secara tidak jelas dan tanpa pertimbangan rasional karena mereka lebih menggunakan nalar rasio-nya daripada perasaannya.
Anggota mandibula yang bergolongan darah B: Anggun Yuliana, Beti, Chuwee, Dwi Sus, Iska, Missry, Rindi, Tia Rani, Yulia dan Wahyu.

Golongan Darah O
Orang-orang dengan golongan darah O adalah mereka yang tidak banyak ambil pusing, penuh semangat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup. Dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut. Mereka biasanya di cintai oleh semua orang, “loved by all”. Tapi mereka sebenarnya keras kepala juga, dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal. Mereka adalah orang yang paling fleksibel di antara semua golongan darah yang ada. Mereka akan dengan cepat memulai sebuah proyek namun mengalami masalah ketika melanjutkannya dan tidak jarang banyak juga yang dengan mudah menyerah di tengah jalan. Mereka terkadang bertingkah dan tidak terlalu dapat dijadikan sandaran. Mereka selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka secara langsung. Mereka selalu jujur. Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang bergolongan darah O ini memiliki rasa percaya diri yang sungguh kuat. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati. Tapi hal itu yang menyebabkan orang yang bergolongan darah O ini di cintai. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang. Mereka pandai menutupi sesuatu sehingga mereka kelihatan selalu riang, damai dan tidak punya masalah sama sekali. Tapi kalau tidak tahan, mereka pasti akan mencari tempat atau orang untuk curhat (tempat mengadu).Di Jepang, golongan darah ini merupakan golongan darah rata-rata orang disana.
Cara Berkomunikasi dengan Orang Bergolongan darah O
  • Berbicaralah dengan semangat dan penuh vitalitas. Karena mereka kurang menyukai orang-orang yang terkesan lemah, letih, lesu, lemas, letoy, dan loyo yang dianggap tidak dapat mengikuti ritme mereka yang penuh dengan energi.
  • Jangan gunakan kata-kata negatif dan pesimis karena kelompok kata itu tidak terdapat dalam kamus mereka yang penuh dengan semangat positif dan optimis.
  • Ketika mengikat sebuah kontrak, pastikan dengan tegas bahwa mereka komit dengan apa yang telah disepakati dan dapat bertanggung jawab atas penyelesaiannya.
  • Berkatalah dengan jujur karena mereka juga demikian adanya. Sekali kebohongan terdeteksi, mereka tidak akan percaya lagi pada lain kesempatan.
  • Tunjukkan bahasa tubuh yang penuh keceriaan dan semangat.
·         Orang dengan golongan darah O paling suka berkomunikasi dengan mereka yang penuh semangat. Orang-orang yang tidak memiliki semangat hidup yang baik sulit menjadi teman dekat orang golongan ini. Karena mereka selalu semangat sejalan dengan vitalitas yang mereka miliki. Mereka akan dapat berkomunikasi berjam-jam dengan orang yang cocok dan dapat mengikuti ritme bicara mereka yang sangat optimistis dan motivatif.
Anggota Mandibula dengan golongan darah O: Ajeng, Aulia, Darma, Deny, Dewi Oktaria, Harry, Okta, Prisilia, Ria Ratna, and Siti.

Golongan Darah AB
Orang dengan golongan darah AB susah dikelompokkan. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu bersamaan. Artinya, di satu sisi mereka pemalu, di sisi lain, sangat terbuka. Mereka dengan mudah mengubah satu sisi ke sisi yang lain. Mereka dapat dipercaya dan bertanggung jawab, namun tidak dapat bertanggung jawab jika terlalu banyak yang dituntut dari mereka. Mereka tidak keberatan membantu sepanjang sesuai dengan syarat mereka. Orang-orang dengan golongan darah ini sangat suka seni dan metafisika. Orang yang bergolongan darah AB ini mempunyai perasaan yang sensitif dan lembut. Mereka penuh perhatian dengan perasaan orang lain dan selalu menghadapi orang lain dengan kepedulian serta kehati-hatian. Disamping itu mereka keras dengan diri mereka sendiri juga dengan orang-orang yang dekat dengannya. Mereka sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu dalam. Mereka mempunyai banyak teman, tapi mereka membutuhkan waktu untuk menyendiri untuk memikirkan persoalan-persoalan mereka. AB juga dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka juga suka menentukan syarat sendiri dan berhak menggugurkannya jika tidak sesuai dengan harapan mereka. Mereka dikenal sangat sensitif dan penuh perhatian. Di Jepang, beberapa perusahaan membagi karyawan-karyawannya ke dalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah, dan ironisnya, tidak seorang pun yang mau bekerjasama dengan kelompok golongan darah AB di Jepang ! (Jangan terlalu sedih, kita kan di Indonesia).
Cara Berkomunikasi dengan Orang Bergolongan Darah AB
  • Pertama-tama, ikuti dulu alur pembicaraan mereka.
  • Selanjutnya, berbicaralah secara tegas karena mereka mudah berubah-ubah.
  • Bicaralah tentang seni dan metafisika untuk memulai percakapan yang lebih panjang jika hal itu diinginkan.
  • Jika membuat janji, pastikan mereka memahaminya dan setuju.
  • Jangan ambil keputusan sepihak karena mereka termasuk orang yang suka menentukan sebuah keputusan secara sepihak. Diskusikanlah dengan sinergis.
  • Jangan terlalu banyak mengumbar kata dan janji karena mereka sulit mengingat, apa lagi menjalankan kewajiban yang semakin banyak.
·         Orang dengan golongan darah ini memang sedikit kurang beruntung di Jepang karena dianggap yang paling lemah dan tidak dapat dipercaya. Namun, hal ini tentu sangat kasuistis dan geografis. Hanya saja, dengan memahami karakteristik orang dengan golongan darah ini, banyak hal yang dapat dilakukan untuk tidak menuai kekecewaan nantinya di kemudian hari jika ternyata karakter itu benar adanya. Dan bagi mereka dengan golongan darah AB tentu dapat melakukan introspeksi diri untuk memperbaiki hal-hal negatif yang benar sesuai dengan penjelasan di atas.
Warga Mandibula dengan golongan darah AB: Opie, 3su, Yudi

Jika tadi nyang dibahas adalah sifat khusus dari masing-masing golongan darah, sekarang jika setiap golongan darah itu kita urutkan dapat kita lihat, seperti:

1. Yg paling gampang ngaret soal waktu :
   · B (karena nyantai terus)
   · O (karena flamboyan)
   · AB (karena mudah ganti program)
   · A (karena gagal dalam disiplin)

2. Yg paling susah mentolerir kesalahan orang :
   · A (karena perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
   · B (karena easy going tapi juga easy judging)
   · AB (karena asal beda)
   · O (easy judging tapi juga easy pardoning)

3. Yg paling bisa dipercaya :
   · A (karena konsisten dan taat hukum)
   · O (demi menjaga balance)
   · B (demi menjaga kenikmatan hidup)
   · AB (mudah ganti frame of reference)

4. Menurut survey, gol darah yg paling disukai utk jadi teman :
   · O (orangnya sportif)
   · A (selalu on time dan persis)
   · AB (kreatif)
   · B (tergantung mood)

5. Kebalikannya, teman yg paling disebelin/tidak disukai:
   · B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
   · AB (double standard)
   · A (terlalu taat dan scrupulous ~scrupulous= teliti, cermat~)
   · O (sulit mengalah)


Jika diurutkan berdasarkan kemampuan, serta hal-hal yang menyangkut kinerja otak bisa diurutkan sebagai berikut :
1. Yg paling mudah kesasar/tersesat
   · B
   · A
   · O
   · AB

2. Yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
   · O (jago olah raga)
   · A (persis dan matematis)
   · B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat jepang bergolongan darah B)
   · AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

3. Yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin :
   · O (krn berjiwa leadership dan problem-solver)
   · A (krn berpribadi "minute" dan teliti)
   · B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
   · AB (krn kreatif dan suka ambil resiko)

4. Yg paling gampang nabung :
   · A (suka menghitung bunga bank)
   · O (suka melihat prospek)
   · AB (menabung krn punya proyek)
   · B (baru menabung kalau punya uang banyak)

5. Yg paling kuat ingatannya :
   · O
   · AB
   · A
   · B

Golongan darah pun bisa melihat begaiman kesehatannya :
1. Yg paling panjang umur :
   · O (gak gampang stress, antibodinya paling joss!)
   · A (hidup teratur)
   · B (mudah cari kompensasi stress)
   · AB (amburadul)

2. Yg paling gampang gendut
   · O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
   · B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
   · A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
   · AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

3. Yg paling gampang flu/demam/batuk/pilek
   · A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
   · AB (lemah terhadap hygiene)
   · O (makan apa saja enak atau nggak enak)
   · B (makan, tidur nggak teratur)

4. Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebuah pesta :
   · O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging-dagingan)
   · A (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
   · B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup, soto, bakso, dsb)
   · AB (hobby mencicipi semua masakan, "aji mumpung")

5. Yg paling cepat botak :
   · O
   · B
   · A
   · AB

6. Yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :
   · B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
   · AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
   · A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
   · O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)

7. Yg paling cepet tertidur
   · B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
   · O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)
   · AB (tergantung kehendak)
   · A (tergantung aturan dan orario)

8. Penyakit yg mudah menyerang :
   · A (stress, majenun/linglung)
   · B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
   · O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
   · AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

9. Apa yg perlu dianjurkan agar tetap sehat :
   · A (karena terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
   · B (karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur)
   · O (karena daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
   · AB (karena gampang capek, maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega).

10. Yg paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)
   · A
   · B
   · O
   · AB

Oke, sekarang, kita sudah sampai di penghujung artikel. Dan yang perlu kita ingat kembali, “gag semua yang lo baca itu bener”. Kenapa? Karena apa yang diungkapkan di atas adalah berdasarkan dari sumber- sumber yang gag satupun mencantumkan metode ilmiah dalam penulisannya. Sekalipun banyak yang ngerasa cocok, tapi kita gag bisa menjudge seseorang berkepribadian persis seperti apa yang telah panjang lebar saya jabarkan di atas. Paling tidak, bisa jadi referensi untuk bisa lebih memahami dan memaklumi teman seperjuangan kita. uL

posted under , |

2 komentar:

Lebayunaceae The Gank mengatakan...

Gw setuju klw yang dipost "gak semuanya bener"...
Yg baik mungkin bisa kita ambil...
Yg jelek buang jauh2 n sebisa mungkin kita hindari...

#3su

Lebayunaceae The Gank mengatakan...

so pasti,, soalnya lw kebagian pait- paitnya aja..

akakakak....

*uL

Poskan Komentar

Komentar yang menyangkut SARA dan hal yang admin anggap menyalahi, akan admin hapus.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Universitas Lampung

About Me

Foto Saya
Bandar lampung, Lampung, Indonesia
catatan kebersamaan mahasiswa Biologi '08 FKIP Unila

Followers


Recent Comments